7 hours ago

Kualitas gabah yang baik mempengaruhi kualitas dan kuantitas beras yang dihasilkan

1771

Kualitas gabah yang baik mempengaruhi kualitas dan kuantitas beras yang dihasilkan. Kualitas gabah tersebut dapat di tentukan oleh beberapa faktor di antaranya kadar air, rendemen giling dan kemurnian gabah. Yang dimaksut kadar air adalah prosentase (%) kandungan air di dalam butiran gabah.

Faktor selanjutnya adalah tingkat kemurnian gabah yang ditentukan dengan seberapa banyak benda asing di dalam keseluruhan gabah. Benda asing yang dimaksud seperti krikil, tangkai padi, biji-bijian lain, kayu hingga bangkai hama serta gabah hampa/rusak di dalam keseluruhan gabah. Jika semakin banyak benda asing maupun gabah hampa/rusak maka tingkat kemurnian dari gabah itu akan semakin menurun. Untuk misahkan benda asing tersebut dapat digunakan mesin pre cleaner/ayakan sampah yang berfungsi untuk membuang benda asing seperti tangkai padi, tali, hingga batang kayu yang terbawa dari sawah pada saat proses panen dilakukan. Untuk memisahkan gabah dengan kerikil dapat ditambahkan mesin stoner agar lebih maksimal dalam memilah kerikil yang terbawa, yang juga akan membantu kinerja dari mesin pecah kulit.

Kadar air dan tingkat kemurnian gabah mempengaruhi rendemen giling. Varietas gabah dan kinerja dari mesin-mesin giling juga mempunyai peranan terhadap kuantitas rendemen giling. Bila kadar air berada pada tahap optimal yaitu 13-15% dan tingkat kemurnian gabah pada kondisi sangat baik, maka rendemen yang dihasilkan akan baik juga. Untuk mendapatkan kadar air tersebut dapat dimaksimalkan dengan penggunaan mesin pengering / smart dryer, dimana mesin ini akan menurunkan kadar air hingga ke titik optimal secara merata dengan tingkat broken/beras patah yang rendah.

Keseragaman varietas gabah membuat penyetelan mesin lebih mudah dan meminimalisir peluang prosentase beras patah. Untuk itu perlu sekali di perhatikan pemilihan mesin yang tepat untuk digunakan dalam proses penggilingan. Untuk mencapai tingkat rendemen yang tinggi, gunakanlah mesin-mesin yang berkualitas.

Sumber : Teknologi Penggilingan Padi