5 minutes ago

Fungsi Mesin Separator dan mengapa diperlukan

4530

Setelah melalui proses pengupasan kulit padi akan dihasilkan sekam, beras pecah kulit dan campuran beras pecah kulit dengan gabah yang masih utuh. Pada umumnya tinggi rendahnya persentase gabah yang berhasil terkupas bergantung pada kondisi gabah, varietas beras dan kondisi mesin pemecah kulit. Kondisi gabah yang basah akan membuat gabah sulit untuk di kupas, sebaliknya jika kondisi gabah terlalu kering maka gabah akan mudah rusak/broken, oleh karena itu pengeringan yang optimal sangat diperlukan dan disarankan untuk menggunakan mesin pengering/dryer.

Kondisi dan performa mesin pecah kulit juga perlu diperhatikan, perawatan dan penggantian rubber roll juga membawa pengaruh besar terhadap pengupasan yang optimal. Disisi lain perlu dilakukan penanganan berbeda terhadap hal ini karena jika gabah terbawa ke mesin penyosoh maka akan mengurangi kualitas beras yang dihasilkan. Untuk menangani hal ini maka diperlukan sebuah mesin yaitu separator.


Mekanisme kerja dari mesin separator jenis shaking tray yang umum digunakan menggunakan prinsip perbedaan berat gabah dan butir beras pecah kulit. Terdapat beberapa lapisan/layer yang tersusun, dengan masing-masing lapisan memiliki cekungan-cekungan di seluruh permukaannya. Penggerak dari separator jenis ini adalah elektromotor yang bergerak memutar dengan poros eksentrik sehingga lapisan/layer tersebut dapat bergoyang secara resiprok sehingga bahan dengan berat jenis yang berbeda akan terpisah.


Butir pecah kulit yang memiliki berat jenis yang besar akan bergerak ke atas, sedangkan butir gabah yang mempunyai berat jenis lebih kecil akan bergerak kebawah. Cekungan-cekungan pada lapisan/layer berfungsi untuk menahan butiran beras pecah kulit turun ke bawah. Sehingga gabah akan berkumpul pada suatu bagian dan butiran beras pecah kulit akan terkumpul pada suatu bagian lainnya. Penggunaan separator ini akan maksimal jikalau terjadi keseimbangan antara kemiringan lapisan/layer, frekuensi goyangan, arus bahan yang masuk dan ketebalan bahan diatas lapisan/layer.

Sumber : Teknologi Penggilingan Padi