13 hours ago

Cara Pintar Memanfaatkan Limbah Sekam Padi

3231

Jangan Buang Sekam padi !! Banyak manfaat yang dapat di peroleh dari limbah Sekam Padi.


Manfaat sekam padi ternyata ada banyak sekali, Tentu ini menjadi kabar baik untuk para pengelola pabrik beras. Karena tentunya sangat sayang jika sekam padi ini hanya menjadi limbah saja yang bisa berdampak pada lingkungan sekitar.
Sebelum itu perlu kita ketahui bahwa sekam padi ini merupakan lapisan terluar dari padi biasanya sering disebut kulit padi. Menurut sebuah penelitian, sekitar 20% berat padi itu adalah sekam padi itu sendiri. Bayangkan saja jika produksi sebuah pabrik beras dalam satu hari kurang lebih 16 ton/hari, 20% nya adalah limbah sekam. Bagaimana jika produksi lebih dari itu, akan semakin banyak limbah sekam padi tersebut. Yang ternyata dapat di olah kembali untuk menjadi keuntungan lebih bagi pengelola.


Berikut adalah beberapa pilihan pengolahan limbah sekam padi:


1. Pupuk Organik
Pengolahannya biasanya sekam dibakar dahulu sebelum digunakan pada tanaman sebagai pupuk. Hal ini disebabkan sekam padi dapat menggemburkan tanah dan sangat baik untuk kesuburan tanah.

2. Bahan Silica Gel
Menurut penelitian, sekam padi mengandung 80-97% berat kering dari silika. Hal ini berarti sekam padi berpotensi menghasilkan silika dalam jumlah yang besar. Tentu memerlukan pemrosesan lebih lanjut untuk mendapatkan bahan silica gel tersebut.


3. Bahan Bakar Alternatif
Menjadi briket sekam, untuk proses pembuatannya sangat mudah yaitu dengan menghaluskan sekam padi, kemudian setelah dihaluskan bisa dicampur dengan tepung tapioka dan air secukupnya. Kemudian briket bisa dicetak dan di haluskan sebelum akhirnya di jemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.
Selain briket bisa juga sebagai bahan bakar pada tungku sekam untuk men-supply panas pada mesin pengering gabah/beras (dryer).


4. Pembangkit Listrik Mini
India merupakan salah satu negara yang sudah berhasil memanfaatkan sekam padi dengan maksimal. Proses yang dilakukan untuk memanfaatkan sekam padi menjadi listrik ini dilakukan dengan cara dibakar. Pembangkit listrik mini ini mampu menghasilkan 25Kw hingga 100Kw listrik untuk menyalakan 2 buah lampu dan 1 pengisian daya untuk ponsel setiap harinya.

Sumber : Hot.Liputan6.com