2 hours ago

Mengapa Mesin Color Sorter di perlukan?

2350

Beras hasil penyosohan merupakan beras yang memiliki warna putih bening, namun tidak di pungkiri juga masih tercampur dengan beras berwarna lain. Beras yang disukai oleh konsumen saat ini adalah beras yang berwarna putih bening dan bebas dari campuran beras warna lain (kuning, coklat, hitam).
Mengapa masih terdapat beras dengan warna selain putih bening?
Beras berwarna kuning maupun kuning semu, disebabkan oleh proses pengeringan gabah yang kurang sempurna atau tidak merata. Pada era modern ini untuk meminimalisir hal ini banyak orang beralih menggunakan mesin dryer dimana dengan menggunakan mesin ini tentunya pengeringan merata dan tidak terpengaruh oleh cuaca.
Beras berwarna coklat atau hitam berasal dari gabah yang rusak yang dapat disebabkan oleh cuaca maupun kesuburan tanah yang kurang baik atau bisa juga berasal dari varietas beras lain yang ikut terbawa pada saat panen. Oleh karena hal tersebut maka untuk mendapatkan beras dengan mutu baik dan berwarna sama di perlukan tambahan mesin untuk memilah warna putih bening dengan warna lain.
Mesin color sorter/ mesin sortir warna merupakan mesin yang memiliki spesialisasi untuk memilah beras berdasarkan warnanya. Dalam hal ini beras di bagi menjadi 2 kelompok, yaitu beras standart dengan beras tidak standart. Beras standart ini merupakan beras putih bening sedangkan untuk beras tidak standart adalah beras selain beras putih bening.
Selain mensortir warna, mesin ini juga dapat membantu membuang benda asing seperti hama yang telah mati yang ikut terbawa pada saat panen. Jadi beras yang di pilih ini murni hanya beras putih bening saja. Oleh karena itu mesin sortir warna ini mempunyai andil besar bagi Anda yang memproduksi beras premium.
Selain untuk beras ada juga terdapat mesin sortir warna untuk biji-bijian lain seperti kopi, kacang, teh, plastik dan jagung. Untuk rekomendasi mesin sortir warna berdasarkan pengalaman mesin color sorter Meyer merupakan mesin yang cukup banyak digunakan dalam pabrik beras.