4 hours ago

Jenis dan kegunaan mesin poles beras

10602

Mengikuti perkembangan jaman, saat ini masyarakat terutama masyarakat perkotaan lebih cenderung senang dengan beras yang putih, bersih dan berkilau. Pengolahan gabah menjadi beras akan melalui berbagai macam proses dan berbagai macam mesin, sehingga menghasilkan beras yang memiliki nilai jual tinggi.

Untuk menghasilkan beras putih, bersih serta berkilau tentunya beras perlu melalui proses pemolesan. Proses pemolesan ini bertujuan untuk membuat tampilan beras lebih menarik, putih dan bersih. Istilahnya beras dipoles untuk menghilangkan kulit ari beras yang berwarna kusam gelap dan tidak bercahaya serta membuang lapisan bekatulnya.


Ada beberapa proses yang akan kita jumpai dalam proses pemolesan ini. Pada tahap awal terjadi penggosokan pada permukaan beras untuk menghilangkan kulit ari atau lapisan beras paling luar yang berwarna kecoklatan dengan menggunakan mesin poles batu. Kemudian masuk dalam proses kedua yaitu proses penggosokan kembali beras agar dihasilkan beras yang lebih putih dan halus dimana proses ini akan menggunakan mesin poles besi untuk memprosesnya.


Setelah beras putih dan halus selanjutnya beras akan melalui satu proses pemolesan lagi yaitu proses pengkilapan beras. Proses ini menggunakan mesin poles air atau sebagian orang menyebutnya mesin “kebi”. Proses kerja mesin ini menyerupai mesin poles besi namun disertai dengan penyemprotan air bertekanan tinggi sehingga menyerupai kabut.


Seluruh proses diatas dapat dilakukan sekali atau beberapa kali bergantung pada kualitas beras yang diinginkan. Semakin sering melalui proses beras akan semakin putih beras tersebut namun perlu diingat, beras patah akan semakin banyak juga dan tentunya beras akan semakin kurus. Untuk mesin merek Yong Xiang dapat memutihkan dengan tingkat beras patah yang sangat rendah. Hal tersebut disebabkan karena mesin menggunakan jet blower sehingga suhu pada beras tidak terlalu tinggi. Selain itu mesin poles juga memiliki ruang pemolesan yang tidak terlalu panjang dimana hal tersebut juga dapat meminimalkan resiko beras patah.
Dengan manfaat tersebut banyak orang atau pengusaha pabrik beras baik dalam maupun luar negeri menjatuhkan pilihan mereka pada merek Yong Xiang.